Sabtu, 13 September 2008

Perkembangan Pasar Game online korea Tahun 2008

Pasar game online Korea telah diramalkan untuk melebihi $1,7 miliar pada tahun 2008, menurut laporan dari Pearl Research, sebuah sumber yang meneliti dan mencatat perkembangan budaya game.

Saat ini, 80% dari rumah tangga Korea telah memiliki koneksi internet, sudah tidak diragukan lagi bahwa hal tersebut telah menjadi faktor kunci yang mendukung perkembangan game online. Segmen game dengan perkembangan tercepat di Korea adalah game-game casual yang free-to-play, yang telah dikategorikan sebagai game yang mudah untuk dipelajari dan dimainkan dalam waktu singkat.

Benda-benda virtual dan microtransaction juga menikmati angka yang cukup tinggi di Korea Selatan. Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 67% dari user berumur 20 hingga 30-an telah membayar untuk memperoleh konten digital. Dari sekian banyak user internet di Korea, 91% di antaranya telah membeli musik secara online dan 39% menyebutkan bahwa mereka telah membeli item-item avatar dari layanan online.

Selain itu juga disebutkan bahwa lebih dari 10 juta user dewasa di Korea mengunjungi sejumlah portal besar. Bahkan, beberapa portal terbesar seperti NHN’s Hangame dan Neowiz’s Pmang dapat menarik 500.000 hingga satu juta pengunjung dalam per hari.

Pasar game di Korea disebut sebagai sesuatu yang “kuat” oleh Pearl, namun juga menyertakan tantangan-tantangan seperti peningkatan biaya pengembangan, kompetisi antar pengembang dalam negeri yang rutin, terlalu banyaknya game dengan konsep gameplay dan genre yang serupa, hingga tantangan perluasan ke luar negeri. Hal-hal tersebut bisa jadi sejumlah “PR” yang perlu dikerjakan oleh para pengembang game online, apabila mereka ingin menjadi lebih maju tentunya. (LYR